Belum Tau Penentuan Awal Bulan Hijrah, Datang Aja Ke Fisika UNS!!

“Islam adalah satu agama yang sesuai dengan fitrah manusia dan selari dengan perjalanan alam. Perlaksanaan ibadah mempunyai kaitan rapat dengan fenomena alam cakerawala seperti pergerakan bulan, bumi dan matahari. Ini disebabkan perlaksanaan ibadah dilaksanakan dalam batas masa yang tertentu. Masa bergantung kepada pergerakan bumi matahari dan bulan (Dr (H) Hj. Kassim b. Bahali )” Trus apa hubunganya dengan dengan FISIKA UNS khususnya di HiMAFIS FMIPA UNS. Besuk 25 Oktober 2008 akan diadakan seminar Nasional dengan tema ” Kupas Tuntas Metode Penentuan Awal Bulan Hijrah”. Tentunya akan menjawab ketidak tahuan kita selama ini.

Mau tau RUHYAT? HISAB? kenapa to 2 tahun yang lalu kita meski beda dalam penentuan puasa dan hari raya idulfitri?. Pertanyaan pertanyaan itu tak tanyakan pada diriku sendiri trus ya tak tanyakan ke google, Aku harus siap ni..tentang hal tersebut agak ribet juga? karena besuk harus jadi Moderator…jadi ya harus belajar juga:D..

Akhirnya dapat juga! Besuk pasti seru ni, dengan 3 pembicara bapak Cari,Ph D.( Ahli Astrofisika UNS), BApak Mutoha (Pimp. Ruhyatul Hilal Indonesia), Pimpinan Dapertemen Agama RI. Jadi Semangat ni… “Mereka bertanya kepada engkau dari hal hilal Katakanlah hilal itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan (bagi ibadat) haji” Al Baqarah: 189. Jadi Besuk itu dipadukan antara Ilmu pengatahuan dengan Al quran dan Hadist, sehingga kita bisa memutuskan sesuatu dengan ilmu bila terjadi perbedaan bukan hanya ikut-ikutan.  Dan tetntunya sudah begitulah seharusnya.