Re-Akreditasi Jurusan FISIKA FMIPA UNS, Semangat A full taste!

Minggu depan jurusan FISIKA FMIPA UNS, jurusan tercintaku karena hanya disitu aku ambil S1 akan menghadapi yang namanya akreditasi. Semua seolah sibuk menyiapkan moment itu, semangat yang menggebu untuk mewujudkan Fisika dengan akreditasi A yang sebelumnya B.   Tim yang akan menilai dari BAN-PT ( Badan  Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), Salah satu fungsi BAN-PT, sesuai amanat PP No. 19/2005, adalah melakukan penilaian kinerja perguruan tinggi pada tingkat institusi. Penilaian lembaga ini didasarkan pada 15 standar yang meliputi kepemimpinan, kemahasiswaan, SDM, kurikulum, prasarana dan sarana, pendanaan, tata pamong, sistem pengelolaan, sistem pembelajaran, suasana akademik, sistem informasi, sistem jaminan mutu, lulusan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Begitu banyak aspek yang dinilai, agaknya memang berat bila semua aspek yang ada disana sempurna. bagaimana jaminan mutu jurusan fisika? lewat penagmbilan kuliah apa sudah cukup…apa perlu diterapkan ujian komprehansif kedepan biar benar-benar  jaminan mutu…waduh diterapkan setelah aku lulus aja 😀 kalo ada. belum maslah kurikulum, masalah sistem informasi, suasana ademik dll. Agaknya butuh energi yang besar dan kerjasama dari mahasiswa dan dosen untuk wujudkan semua itu menjadi lebih baik.

Semoga impian itu terealisasi mengingat kata ini ” pak harjana, ini saya alumni fmipa fisika uns ijazah saya ditolak melamar pada departemen perindustrian karena akreditasi fakultas kita katanya B itu data dari jakarta. harap diperhatikan para lulusan mipa fisika untuk daftar cpns saja terganjal itu. terima kasih.” Komentar salah satu yang mengaku alumni fisika bernama Yoyok Hs di blognya mas kurnia. Amin