Agaknya tahun depan aku sudah tidak merasakan lagi indahnya perdjoeangan nulis proposal PKM Meski dengan dana tahun 2010 yang mencapai 10 juta tiap proposal aku harus rela untuk pindah kelain hati  :-( (ngurus proposal yang lain…hihi) meninggalkan jejak-jejak mimpi lolos PKM tahun 2010. Bukan karena tidak mampu tapi karena aku ingin lulus..menyempurnakan sebagian dari amanah kuliah ini.

Sudah selayaknyalah bagi tiap jiwa-jiwa yang selalu rindu akan nafas pejuang baru, melakuan sebuah kaderisasi yang masif agar estafed penulisan PKM ini tidak terjadi Lost Generation (  Aktifis Mode On ). Meskipun baru dua tahun terakhir ini menapakkan kaki dibelantara per PKM an dengan segala rasa yang ada, segala kekurangan yang ada akhir kusampaikanlah  surat wasiat untuk para pedjoengan PKM dimanapun berapa khususnya adik-adik UNS yang selalu di hatiku.

PKM ( Program Kreatifitas Mahasiswa) tentukan bukan hal yang asing bagi seorang mahasiswa yang melakukan perdjoengan di sebuah kampus manapun. Memang susah katanya untuk seorang yang baru belajar nulis, aku dulu juga kok.. bingung cari ide, bingung cari temen, dan lain-lain seribu alasan untu berkata susah buat PKM..

Baiklah tak perlu banyak prolog, kita langsung selami indahnya merangkai kata dalam proposal PKM. Tersebutlah di bawah ini beberapa pengalaman saja, kalo punya yang lain saling melangkapi saja..ok ;)

  1. Tidak bisa dipungkiri bahwa penilain kita terhadap sesuatu tergantung dari bentu luar ( cantik, jelak, ganteng, rapi, berantakan etc ). Begitu pula dengan PKM bentuk luar PKM adalah judul maka buatlah judul yang menarik perhatian, bikin penasaran.. kalo kesan pertama udah mengoda selanjutnya terserah anda J contoh : Desain Kolektor Surya Untuk Hybrid Solar Light (HSL) Berbasis Fiber  Optik  : Sebuah Usulan Sebagai Solusi Krisis Listrik ( LOLOS PKMP DIKTI tahun 2009) trus contoh lain Desain Pengaman Kendaraan Bermotor Berbasis Ultrasonik Untuk Meminimalisasi Tingat Kecelakaan ( LOLOS PKMP DIKTI tahun 2008). Minimal judul itu membuat kesan bermanfaat, prospek bagus, intelek dll baru kalo sudah kita lanjut kebabak selanjutnya..OK
  2. Hal kedua setelah cover adalah isi, jangan hanya bagus di penampilan tapi juga isinya juga bagus, Bukankah kecantikan itu jiwa bukan raga ( jadi rindu *refreshing dulu*). Isi disini saya titik beratkan pada pendahuluan atau lebih tepatnya latar belakang ( untuk hal lain bisa di baca di panduan baca disini ). Latar belakang menjadi bagian yang penting karena tidaklah mungkin/ harapannya kecil reviuwer membaca seluruh proposal. Latar belakang yang kita buat harus konprehensif mengupas seluruh permasalahan yang akan kita teliti/lakukan pokoknya di SWOT lah bahasanya. Misalkan Peluang pemanfaat, Penelitian sejenis, keungulan dibanding yang lain, dapat menyelesaikan masalah dll lenkapnya baca disini saja.

Dua hal diatas yang saya kira cukup  bisa membawa kita berkompetisi di ajang PKM, majukan penelitian indonesia, wujudkan pedjoeang- pedjoeang PKM yang tangguh yang bisa membawa kemajuan bangsa ini. Semoga bermanfaat…!! :D

Tags: , , ,

65 Comments on Cara Nulis proposal PKM agar Lolos Dikti : 10 juta

  1. green ijo says:

    mahasiswa oh mahasiswa…
    pernah jadi mahasiswa
    sekarang jadi bekas mahasiswa :-)

    Rudi Says:
    Kok jadi Bekas mahasiswa? saya rasa tidak ada kata bekas..karena bekas itu saya kira konotasiya negatif :-(

  2. iim says:

    Gimana sich cara menulis judul yang bagus? aku tuch kemarin pernah buat tapi koq belum lolos?????

    Rudi says:
    mungkin salah satu caranya ya kayak yang diatas itu :) dan tambah jam terbang.. ok

  3. dita says:

    mas,, kalo bolehh tau semester brapa to???
    eh maw nanya juga mas koq bisa punya ide buat penelitian itu to???/
    ide sendiri ato usulan dosen juga???
    maav sebelumnya,,
    byasa sekarang byak mahasiswa yang ngajuin proposal dari dosennya gtw,,,
    cara biar ide penelitian itu muncul gmana???/
    binggung juga ne,,,
    hehehehe
    tenkyuuu,,,

    Rudi Says:
    saya semester 8, topik penelitian kadang sharing sama dosen trus kita kembangkan begitu..kurang lebihnya..

  4. winda says:

    hai..tx buat panduannya..
    btw,,beneran itu 10 juta,,??hhohoo,,naik dong..
    kalo menurut gw sih,,dikti gak bakal ngeliat latar belakang per proposal..paling cuman judul pkm kita doang,,makanya untuk nulis judulnya,,kalo bisa dibuat se WAH mungkin..sama anggaran dananya juga..
    btw lagi,,congrats yaa pkm lw udah lolos,,pkm gw juga lolos didanai dikti,,pkm gw bidang kewirausahaan..
    hhoho..
    c u on pimnas..hhehe,,aminnn

    Rudi Says:
    Bisa jadi bener apa yang kau katakan, semoga kita ketemu diPIMNAS di Brawijaya…BRAVO

  5. teguh says:

    Wah emangnya ndak 6 jt aja ta Mas? masak bisa sampe 10 jt? disana udah visitasi blum? hari ini Aq brusan presentasi.
    Semoga kita bertemu di PIMNAS Brawijaya ya Mas…..
    Semoga ITS menang di PIMNAS ini daripada taun kemarin di UNISULA

    Rudi Says:
    Iya ni juga baru harini visitasi, presentasi juga pagi ini.. di panduan tahun 2009 akan dapat dana 10juta. semoga ketemu di malang…

  6. Mega says:

    Wah, semuanya dah pada ngomongn soal Proposal yang lulus PKM
    Qu ja tadi ru dpt sosialisasi tentang PKM thn depan
    Minat bgd sih
    Tapi bigung harus mulai darimana?

    Rudi says:
    Kalo terkait penulisan ya sesuai dengan panduan, kalo terkait ide banyak2 diskusi dengan temen,dosen, dll. jangn lupa baca2 juga :D

    Kak bisa tlongn qu, Langkah awal mw bikin proposal gt kyk gmn ya?

  7. Yusno says:

    mending bikin PKMT, saingannya dikit. tahun kmrn UNS cm 3 kelompok. klo PKMP dan ombyokan, pas monev isinya PKMT semua.

  8. budi says:

    assalamualaikum,,,
    saya mau bertanya….
    apakah setelah dinyatakan lolos PKM,,
    anda mengalami kendala dalam melaksanakan penelitian,,,

    Rudi Says:
    Wa’alaikumsalam, kalo yang namanya masalah pastinya juga ada. Itulah yang menjadikan kita semakin tertantang untuk menyelesaikanya :-)

  9. ummi_07 says:

    waahhh cayoo.. pkm 2010…
    doain ia…

  10. agus says:

    aq suka gaya loe….
    yang sok cerdas

    Rudi Says:
    Aku hanya mengatakan apa yang sudah aku lakukan, itu namanya …integritas.. :D

  11. Ehha says:

    kira2 penelitian yang pas buat nak Teknik industri ap ya?

    Rudi Says:
    Kalo analisis kepuasan pelanggan untuk produk speedy, ato 3,5 indosat kayaknya bagus dech..bakalan seru!!

  12. geist17 says:

    Salam knl….
    boleh dunkZZ bgi2 tips cari ide bwt PKM
    nemu dmn to mZ??

    Rudi Says:
    Salam kenal juga :) tipsnya udah di sampaikan di atskan? kalo nemunya di mana ya? ehm…….

  13. dwi says:

    tq atas infonya..
    btw, boleh minta saran judul ga mas?
    Q nak kdokteran tpi pngin ikut..
    tpi bingung pilih judul yg bagus
    da saran ga mas?(kalo bs sih yg PKMT)
    bles lwat email ya mas..
    makasih

    Rudi Says:
    Kedeokteran ya? ehm…analisis tangis bayi yang sehat dan tidak atau pembuatan video interaktif pembedahan.. :)

  14. kiki says:

    aku mau deh ikutan , tapi bingung ni mau bahas apa .
    ada ide ga mass ? aku jurusn sastra inggris nii .
    makasii .

    Rudi Says:
    kenapa gak ambil PKMM untuk melatih para pedagang di centra wisata.. untk meningkatkan pendapatan dari turis manca..misal saja..:D

  15. bambang says:

    mas salam kenal btw kemaren lolos pimnas g?
    alhamdulillah aq lolos.oy, kmaren dana awal dr dikti kan cuma turun 70%, btw yang 30% turunya kapan y?

  16. ridho says:

    mas…Cara lolos ke pimnas gimna ia mas???trik na terletak dimna ya???

    apa di laporan Akhir ia>>??apa hasil nya??atau makna Judul tsb..

    da Gmbaran ide Judul bwt saya gg???

    kasi dunk,,,hhoo…
    suda Lolos Pimnas brpa x??

    Dna 30% keluar kpan???

  17. Aulia says:

    Salam kenal…
    Iya PKM Q kmrn jg didanai dikti. Tp mpe skrg dana yg 30% belum bs cair jg.
    Q dari Prodi Math, ada ide gak kira2 judul yg bgus apa. Q lg bingung nih..
    Add di fb saya.
    Makasih. :)

    Rudi Says:
    Salam kenal juga, iya aku juga belum tahu kenapa 30% belum turun.. kata kemahaiswaan nunggu dari DIKTI :)

  18. nadya says:

    Ka,,, kalau menyangkut fisika zat padat kr2 msalah ap yg bsa diangkat tuk diajuin jd proposal pkm?…. pas bner nih ka2 kan org fisika.. hhe.
    buat menuhin tgs dr dosen ka,, jujur sy msh blm bgitu mengerti tntng pkm2an ini (bru mau smstr 3), kalau misalnya ka2 punya bahannya kalau bsa krm ke email sy ya ka… Mkasih ka

    rudi Says;
    mungkin bisa pake uji karakteristik bahan (bisa dibuat dari bahan yang kurang nilai ekonominya misalkan sampah atau apa yang ada disekitamu) dijika sudah tahu sifat2 trus dimanfaatkan untuk sesuatu…. contoh judulnya ” uji karakteristik sifat konduktor …………….. untuk aplikasi ……………….” cobalah lihat sekitarmu… :)

  19. asih says:

    salam kenal…
    mau tanya,selama ikut PIMNAS pernah ketemu anak keperawatan g?cz spertinya kok jarang ya karyanya anak keperawatn yang lolos PIMNAS?

  20. Dewii says:

    doain proposalku dan tim ku didanai Dikti tahun ini yahhh :D

  21. hendra says:

    uda mo lulus, tapi dana 30% lum cair…………….

  22. fahmi says:

    mas,,bener gk sih klo mw lolos n didanain dikti gk boleh lebih dri 6 juta dana nya….?

    coz,,I’ll propose bout 7 million…
    gmna tuh y..?

    Rudi Says:
    tahun 2010, dana PKM 10 juta :)

  23. Melz says:

    mas,,aq maw buwat pkmk tg bisnis clothing industries gt,,,
    maw ngembngin usaha yang baru ajaw ngrintis ma tmen,,,

    ada saran buwat judul yang menarik ga?

    Rudi says:
    bisa kan kaosnya jadi visual identity suatu daerah/kota? itu aja yang diangkat.. :)

  24. ARI says:

    Assalamuallaikum,,

    mAs, gmna y biar nggak bingung nentukan juDul, hbs dpt satu trus dpt jg jdul lain,,?
    oHYA, bila karya kita adalah modifikasi karya orang lain sebelumnya, gimana mAs?? sebelumnya terima kasih,,

    Rudi Says: buat judul yang menarik, modifikasi karya orang lain ndak masalah saya kira.. yang penting jangan menyerah, lakukan yang terbaik :)

  25. ahsan says:

    salam kenal mas…..
    aku pemula mau nyoba PKMT, dari jurusan TekniK Informatika

    kalau ihat hasil-hasil kemarin kayaknya dikit yang masuk untuk prodi saya.
    ada usulan tema gak ????
    nie kelompok kita mau ngangkat GIS.

    Rudi Says:
    bagus ide tentang GIS, ditambah saja untuk penangulangan banjir misalnya (karena aku tinggal di solo) tiap tahun dapat banjir apalagi berbasis sms gateway… pasti sipp :)

  26. ARI says:

    aSS. mas, doAIN Y moga pkm q lolos dikti.
    Insy…mw coba PkmK n PkMP.

  27. yuliana Indriani says:

    assalammu’alaikum…
    hm, k pengen banget ikut pkm ni.. kira2 apa ya judul yg bgus.. utk jur ekonomi akuntansi… thaks y..

  28. zoeel says:

    bang,, bisa ga kirimi contoh proposal PKMT yang udah jadi..!!!
    bs khn bang ..??

  29. vivin says:

    Assalamu alaikum mas rudy….
    aku lagi coba ikut pkm k nih doain ya………proposalku lulus
    btw q anak math kira2 punya usul judul g bwt pkm thun depan ?????
    yang sesuai bidang q gtu……

  30. vivin says:

    Assalamu alaikum mas rudy….
    aku lagi coba ikut pkm k nih doain ya………proposalku lulus
    btw q anak math kira2 punya usul judul g bwt pkm thun depan ?????
    yang sesuai bidang q gtu……
    thx ya ……
    Wassalamu alaikum…….

  31. nofit says:

    wah,wah,wah…
    bukan dri uns ni, tp dr unnes.
    yup, mdh2n bermanfaat.
    salam sukses!!

  32. nofit says:

    wah,wah, wah….
    untuk kalangan terbatas UNS y?? ni saya dr Unnes
    anyway, smga bermanfaat.. dan salam sukses!!!

    Rudi Says:
    Ini untuk semua para pejuang PKM :)

  33. nova says:

    asslamualaikum……………

    Hai kak aku bingung nih judul yang bagus tentang pkm ku? karena aku masih baru dalam apkm. aku juga baru masuk kul, danjuga aku punya masalah pkm dengan tmn satu kelompokku. dia minta aku yang buat semua pkm. padahal aku juga baru dalam pembuatan pkm……

    kak beri masukan yah kalau tahun depan aku ikut pkm judulnya yang bagus apa ya?????

  34. Riyan Bolank says:

    Hai…………salam kenal semua saya rian dari kalimantan tengah. cman pengen tanya informasi pengumuman PKM untuk anggaran 2010 kapan Ya terbirnya?

  35. Riyan Bolank says:

    Hai…………salam kenal semua saya rian dari kalimantan tengah. cman pengen tanya informasi pengumuman PKM untuk anggaran 2010 kapan Ya terbitnya?

  36. Pantani says:

    Tlg bagi-bagi kunci sukses lolos PKM Dikti untuk Tahun Anggaran 2010

  37. perwira aria says:

    salam kenal,
    saya dari IPB nich,
    ga apa ya maen maen ke UNS.
    mau share aja,
    judul yang keren itu ga selalu berkesan Hi – Tech.
    berkesan Eksotis juga boleh,
    misalnya PKMM saya tahun kemaren yang judulnya
    “Ibu-Ibu, Walau di Rumah Tetap Bisa Produktif”
    pokonya judul itu bikin orang penasaran nich “proposal apaan sich?”
    begitu bro

  38. [...] malang melintang di dunia ke-PKM-an setelah menulis ini dan itu akhirnya saat ini pengumuman PKM 2010 munjul kembali seperti mengulang tahun sebelumnya di [...]

  39. AVIANA says:

    Salam kenal maZ, maz tolong kaci saran buat judul PKM, q PENGEN banget mas. q mahasiswa jurusan manajemen. pleaze mas. kirim lwt email aj z mas…………

    Rudi Says:
    Salam kenal juga, kemukakan ide-idemu dulu ruang lingkupnya kan berbeda antara fisika dan manajemen, kalo tak kasih fisika kan juga tidak cocok.. nanti biar tak tambahkan :)

  40. zahra says:

    Assalamu’alaykum
    Mau tanya maz,
    Gmana ngatasin kendala belum keluarnya dana dikti u/merealisasikan proposal?
    dana talangan dari fakultas kan gak bisa buat merealisaikan apa yang ada dalam proposal, seandainya bisa tapi tidak max misal kuantitasnya dikurangi,
    menurut pengalaman mas, apakah itu nerpengaruh pada penilaian monitoring dikti nantinya?
    mAKASIEH,,,

    Rudi Says:
    wa’alaikumsalam..memang berpengaruh tapi juga tidak signifikan.. aya kira tahun ini akan segera keluar, semoga saja :)

  41. fardinand says:

    mau tanya ni kak, berapa ya Dana yang disetujui oleh DIKTI untuk kegiatan PKM 2010. Kemarin katanya bisa sampe 10 juta,tapi dikampus kami hanya 7 juta saja yang paling tinggi dan bahkan ada judul yang hanya mendapat 3 jutaan. Padahal di proposal yang kami buat dana yang diperlukan mendekati 10 juta

    rudi says: setahuku maksimal 7 juta

  42. liA says:

    mas rudi, kenalin sy liA fisika 08,adik tingkat..
    mas,sy pengen buat PKM. sy boleh minta ide?
    mturnwun.

    rudi says:
    dik Lia, boleh saja.. sharig aja kalo aku lagi online.. :D

  43. dewii says:

    aslmkm.wr.wb.

    trimakasi atas tulisannya…sangat menginspirasi
    Sukses untuk para pejuang PKM Indonesia!
    Melalui PKM mari kita memberikan sesuatu untuk Indonesia!!! : D

    rudi says:
    wa’alaikumsalam, sukses untuk semua :)

  44. Nopa says:

    Assalamu’alaikum…
    mas, kalo boleh tau gmn y caranya buat judul agar lebih mnarik…
    trus sblm kita buat PKM itu kan, kita harus minta izin dulu sama yg pny judul…
    kalo judulnya kita ganti boleh g y???

    thanks mas sblmnya…

    rudi says: maksudnya minta izin yang punya judul apa? kalo judul yang menarik ya tergantung topiknya..

  45. Vian says:

    Assalamu’alaikum..
    salam kenal sebelumnya..
    mas saya mau bikin PKM tapi belom ada pengalaman sama sekali..
    gimana ya mas cara bikin judul yang WAH gitu??
    kalo bisa sarannya juga ya mas,saya mahasiswa biologi ’09

    balas di email aja..
    shiseiten1991@gmail.com

    thanks mas sebelumnya..

  46. ayee says:

    pkm gt masih diterima gak sih?? trus formatnya gimana?? balas ke email aja ya..

    ayee.gitu@gmail.com

    makasih

  47. Aby says:

    Hemmm Mampirr aja ni Bank…………….

  48. Hana says:

    ass..
    mas rudi saya hana ikutan PKM jg tapi ngmbil PKMK..dan Alhamdllh usulan Proposal saya kmren diterima, dana juga sdah turun…yang saya bingungkan untuk presentasi ke Dikti itu Pemasaran Produk apakah harus sudah selesai semuanya atau hanya sampai pembuatan produk jadi sja? atau untuk pemasarannya dilakukan nanti klo misalkan Usulan kita sudah lolos DIKTI menuju PIMNAS?yang bner yang mna sih mas…bingung>

    balas ke Email Z ea mas….ditunggu>

  49. uchy says:

    aslkm mas..mas, salam kenal sebelumnya..
    mw tanya ni??kami yang dari teknik industri suka bingung nyari judul pkm yang pas bwt bidang kita seperti apa??menurut mas yang kayak gmna seh??apa kita juga harus membahas tentang pemanfaatan barang yg dipandang sebelah mata??atau gmna??…makasih sebelumnya..
    wa’alaikumsalam. salam kenal dik suci fujianti :)
    tidak harus seperti itu, bisa juga mengunakan analisis model matematik untuk meminimalisir pembuangan bahan baku pada pemotongan pada aplikasi industri

  50. Pak Tani Medan says:

    mas…..
    teriama kasih sebelumnya yah….HORAS MANJUAH-JUAH(logat Batak)
    Aku masih nyusun neh…..
    tapi mentok di LPMP(lembaga penjamin mutu pendidikan)di kampus….
    kataya kurang menarik terus….
    padahal dah 4 kali tak obrak-abrik proposalku…..

    ajarin donk…..
    judul punyak ku “PEMANFAATAN TEKNOLOGI EMP(efectif microganism Procedure) PADA TANAMAN SAYURAN GUNA MENGEFISIENSIKAN PENGGUNAN PUPUK KIMIA DAN KOMPOS UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI DAN MEMINIMALKAN MODAL”

    Hp.0813 76 0813 67
    e-mail : amirarif1271@yaho.com

    terima kasih mas…….

  51. Enishiro says:

    wihh..blog mas ad di baris atas hasil pencarian google..
    kereenn..
    Trust We Can!!

  52. dewi says:

    assalamu’alaikum…
    aku pemula nih mas…
    bisa kah kau jelaskan bagaimana cara membuat judul yang menarik…

  53. maliah says:

    maz,,,,saya ru pertama ini ikut PKM.masih asing bgt &lum tau apa2.saya anak farmasi.bisa ngasih masukan ide yang bagus soale saya benar2 masih bingung bgt.makasih.

  54. maliah says:

    maz ditunggu di email saya yah.mksh

  55. rahmi says:

    punya contoh proposal PKMP & PKMM yg buat psikologi yg lolos didanai dikti gak? trims

  56. Ahmad Syifaissudur says:

    mas, kalo boleh saya minta tolong bagaimana untuk penyusuna Proposal PKMK untuk jenis wirausaha dibidang durian.

  57. Jessica says:

    salam kenal.. aku mhs sem 3, baru pertama kali mau buat proposal PKM. aku jurusan akuntansi. bisa ada saran buat pemula?? makasih banyak sebelumnya…

  58. lena ayu says:

    gimana caranya????

  59. Saputra says:

    Mas Rudi,
    saya pernah buat pkm-p dengan judul : “Penyebab Keatheisan di kalangan para cendekiawan muda”.Terus langsung terang-terangan dikritik sama seniorku mas,
    menrurut njenengan gimana??
    hehe..

  60. asa03 says:

    salam kenal,mas klu judul bwt PKM-P anak sosial yg bagus apa ya?mhn srannya,maklum bru pertama kali ngikut.hehehe.
    bisa jg di sharing k email saya(gli_azzurri06@rocketmail.com)

  61. vatiah sari says:

    asslamua’alaikm…
    saya mw ikud dikti thun ini..
    saya sdah menemukan jdul yg lumayan tepat..
    saya mhsiswa kesehatan masyarakat.. kira2 yg tepat buat saya apa ya??..
    mhon bantuannya..

  62. vatiah sari says:

    saya mhsiswa kesehatan masyarakat..
    jdul yg bgus untuk saya apa ya kak..
    dan saya pemula. mhon bntuannya..
    terima kasih..

  63. vatiah sari says:

    kak, blas di email saya saja (vatiah_sari@ymail.com)..
    syukran jazilaan ila’ka..

Leave a Reply

*

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image