mencoba mengerti Fisika Quantum | catatan kuliahku

Densitas kebolehjadian dari fungsi gelombang sebuah elektron atom hidrogen dalam mekanika kwantum

Quantum atau Siapa sih yang gak kenal quantum? andaikan Ia wanita pasti wanita yang susah dimengerti. Istilah Quantum sudah sangat populer disegala bidang, ada quantum learning, quantum teaching tidak ketinggalan juga  istilah quantum ikhlas, quantum tarbiyah adan istilah-istilah lainnya yang mengunakan ke-keren-an nama quantum. Apa sebenarnya quantum? Kok begitu banyak orang yang mengunakan istilah itu. Padahal “mahasiswa fisika” sendiri sering kali ndak paham apa itu quantum, karena memang quantum susah dipahami (pengalaman nie…:)  )

Quantum atau mekanika quantum adalah cabang dasar fisika yang menggantikan mekanika klasik pada tataran atom dan subatom. Asal muasalnya ketika Max Planck memperkenalkan ide bahwa energi dapat dibagi-bagi menjadi beberapa paket atau kuanta yang digunakan untuk menjelaskan sebaran intensitas radiasi yang dipancarkan oleh benda hitam. kemudian Pada tahun 1905, Albert Einstein menjelaskan efek fotoelektrik dengan menyimpulkan bahwa energi cahaya datang dalam bentuk kuanta yang disebut foton. Kemudian muncul Schrödinger dengan persamaannya, disusul Heisenberg merumuskan prinsip ketidakpastiannya. Demikianlah hingga sekarang dikenal dengan quantum yang begitu fenomenal, meskipun sebenarnya momok bagi sebagin besar mahasiswa fisika karena memang kajian fisika quantum dalam tataran atomis tentang harga harap/peluang/keboleh jadian sehingga susah dijelaskan dengan kata-kata, karena memang quantum dijelaskan bukan dengan kata-kata tapi dengan mengunakan operator..

untuk dapat memahami lebih lanjut silahkan buka http://vergil.chemistry.gatech.edu/notes/quantrev/quantrev.html . kalo mau yang situs indo silahkan kunjungi di sini http://www.unhas.ac.id/~mkufisika/quantum/mylect.html biar lebih paham silahkan diikat ilmunya dengan menulikasnya.