Aksi Moral, STOP menyontek !! [ sudah sebegitukah bangsa kita ??]

Senin tercatat tanggal 12 januari 2009 di boulevard UNS sebuah seruan anti menyontek di serukan, di teriakkan dan di kabarkan pada dunia Aksi ini di gerakkan oleh SIM[Studi Ilmiah Mahasiswa]. Korupsi bangsa kita bisa jadi bermula dari para intelektualitas bangsa yang sudah tidak mempunyai integritas. Bukan suatu hal yang aneh ketika imbrio dari pemimpin bangsa yaitu mahasiswa sudah belajar untuk tidak jujur kadapa dirinya sendiri, bagaimana ketika kelak dia memimpin bangsa ini.

Menyontek bisa jadi adalah awal dari budaya korupsi yang sumbur di negara ini, Idealisme mahasiswa tentunya akan menjadi sebuah titik tolak baru para pemimpin bangsa ini. Menuju hari esok bangsa yang lebih baik, bukan lebih suram karena harapan bangsa ini yaitu pemuda tidak beda dengan para pemimpin yang sering mereka hujat dalam setiap orasinya. Memang bukan suatu hal yang mudah, melakukan social engineering merubah budaya menjadi budaya yang bermoral.

Bukan sesuatu hal yang berlebihan saya kira, ketika sesuatu di teriakkan di depan umum. Tapi yang lebih mendasar adalah kembali pada integritas itu sendiri bagaimana kemudian mahasiswa bisa menyikapi secara nyata dalam kehidupanya, bukan hanya pada sebuah budaya menyontek tetapi juga dalam setiap sendi kehidupanya. Untuk jujur Karena kejujuran kunci keberhasilan, meskipun memang banyak yang tidak sependapat tentang hal itu.