Lowongan Kerja On The Board, CDC MIPA UNS.

Fakultas MIPA sebagai lembaga pendidikan tinggi di UNS mengembangkan satu unit pelayanan yaitu (CDC) Career Development Center. Kerja-kerja CDC mulai terlihat geraknya, khususnya pada masalah lowongan pekerjaan. Lowongan-lowongan pekerjaan tersebut di up load juga pada situs resmi FMIPA UNS. Selain melalui media tersebut Lowongan pekerjaandi pasang di papan masuk FMIPA UNS, sehingga mudah untuk dilihat mahasiswa yang membutuhkan. Selai itu CDC MIPA juga akan mengadakan kegiatan yang ditujukan pada mahasiswa angkatan atas berupa “Pelatihan Memasuki Dunia Kerja”. Pelatihan yang direncanakan dua hari, Jum’at – Kamis, 13-14 Nopember 2008 dengan mengambil tempat di Aula Gd. B FMIPA UNS jam 07.30 – 15.00 WIB. Adapun materi yang akan disampaikan: gambaran proses recruitment, pembuatan surat lamaran kerja dan CV, wawancara kerja, anatomi kesuksesan (perbedaan antara orang sukses dan orang gagal dalam tinjauan neurolinguistik), dan gambaran memasuki dunia kerja.

kegiatan ini seperti kegiatan yang diadakan BEM FMIPA UNS tanggal 31 Mei 2008, yang bertajuk seminar karir yang sampek membludak pesertanya. Setelah acara itu kayaknya UNS sering mengadakan acara serupa baik yang diadakan ORMAWA maupun pihak birokrat sendiri. Ya begitulah perkembangan kegiatan yang berkaitan dengan mahasiswa pasca kampus.

Masalah kerja adalah masalah yang sangat krusial sehingga isu ini selalu hangat dibicarakan. Peran kampus yang akan memberikan sebuah pendidikan dini terkait dunia kerja adalah langkah yang patut di beri apresiasi sebagai wujud kepedulian terhapap alumninya. Akan tetapi langgah tetsebut masih sanggat-sangat dini dimana seharusnya ada sebuah kerjasama yang permanen antara kampus dan stakeholder. Kerjasama kemitraan tersebut yang harusnya mulai pula dirintis sehingga akan ada peningkatan kwalitas dari kedua belah pihak. FMIPA khususnya dan UNS umumnya bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan mereka terkait, bidang penelitian, kemampuan skill dan lain sebagainya, begitu pula stakeholder.