Sumpah Pemuda (jangan Kau Tanyakan Apa yang Telah di Berikan Padamu?)

Masih berjuta daun-daun harapan lain yang masih dapat kita pungut. Di depan sana, masih terhempar berjuta daun-daun impian yang memberikan kita beragam pilihan. Mungkin jalan di depan masih berkelok, masih panjang, namun daun-daun itu ada di sana!berjuta daun kebahagiaan lain masih menunggu untuk kita rajut, jalin, anyam&susun!! Bersemangatlah untuk bangkit dan bangkitlah untuk bersemengat!!

Sebuah kata yang sangat populer “jangan kau tanyakan apa yang negara berikan padamu tapi bertanyalah apa yang telah kau berikan untuk negara?”. Pertanyaan ini sangatlah cocok melihat kondisi negara kita saat ini, dimana sudah 80 tahun sumpah pemuda. Jangankan mengingat semangat perjuangnya bahkan sudah berapa tahun sumpah pemuda, banyak yang lupa. sungguh tragis!!

Sudah saatnya kita mulai sebuah perjuangan, dengan tidah selalu mengaharapkan imbalan. kita sebagai mahaiswa sudah semestinya melakukan peran dan fungsi kita “Mahasiswa adalah sosok intelektual yang menduduki posisi dan peran khusus dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Posisi dan peran khusus itu selain dimungkinkan oleh kepemilikan pengetahuan yang luas juga oleh kepemilikinan nilai-nilai dasar yang menjadi landasan jati diri intelektualnya. Pengetahuan dan nilai-nilai dasar itu hendaknya menyata dalam setiap teladan hidup dan perjuangan mahasiswa. Seorang mahasiswa mestinya memiliki pengetahuan yang luas untuk bisa mengkritisi pelbagai ketimpangan yang terjadi dalam masyarakat. Karena itu, minat baca yang tinggi dan kebiasaan untuk melakukan refleksi kritis terhadap pelbagai fenomena yang muncul amatlah dianjurkan dan mesti menjadi menu harian para mahasiswa. Adalah sebuah ironi besar bahkan sebuah penyangkalan terhadap jati dirinya sendiri apabila mahasiswa asing dari buku-buku yang memuat segudang ilmu pengetahuan dan asing dari realitas masyarakat sekelilingnya. Mahasiswa mestinya memiliki semangat untuk mencari dan memiliki ilmu pengetahuan ( Salvano Jaman).” Semoga Semangat menimba ilmu itu ada, sebelum berpijak pada sebuah negara yang sungguh memiliki permasalahan yang kompleks. semoga!!