Korelasi antara share facebook (like) dengan peringkat web di alexa

Menurut pengertian langsung dari Alexa.com kalau definisikan secara singkat bahwa Alexa Rank merupakan posisi peringkat yang diberikan oleh Alexa.com untuk mengetahui posisi web/blog berada pada peringkat tinggi atau rendah berdasarkan banyaknya traffic atau kunjungan yang stabil dari 3 bulan terakhir. Semakin kecil nilai yang didapat pada Alexa Rank, maka semakin baik posisi peringkat web/blog tersebut.

Untuk itu bagaimana cara meningkatkan posisi Alexa Rank supaya mendapat nilai Rank yang semakin kecil dan dengan posisi peringkat web/blog meningkat? Salah satu cara untuk meningkatkan peringkat web/blog di alexa adalah dengan memperbanyak jumlah kunjungan unik ke web/blog tersebut. Kalau demikian pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana menaikkan jumlah kunjungan unik tersebut ke web/blog.

Hal yang bisa dilakukan untuk menikatkan  jumlaah kunjungan tersebut salah satunya dengan share di facebook. Korelasi antara jumlah share blog/web di facebook dengan peningkatan rangking di alexa memang belum secara umum dapat diketahui, dengan beberapa hal ini yang pernah kami lalukan sekarang kami jadi tahu bahwa efek dari share web/blog ke facebook sangat luar biasa efeknya bagi penigkatan peringkat web/blog di alexa. Secara lebih detailnya silahkan lihat hasilnya di gambar berikut.

Gambar  sebuah artikel di blog yang di share di facebook dengan model like pada alamat festivalilmiah.uns.ac.id.

Peringkat website festivalilmiah.uns.ac.id  di alexa.com 5,38% (web ini mulai up pertengahan awal mei 2011) *silahkan di klik untuk memperbesar

Dari gambar tersebut tentunya dapat kita ketahui seberapa efektifkah share web/blog di facebook 🙂